Motor Listrik Solusi BBM Naik

Mungkin bagi Sis-O judul diatas menjadi pertanyaan. Apa hubungannya Sister Ojek dengan Sustainable development Goals? Penulis mengajak pembaca bagaimana relevansi Sis O dengan SDGs. Mari berangkat dari apa itu SDGs. Konsep atau tujuan yang berjumlah 17 ini merupakan agenda 35 tahun ke depan, bagaimana dunia akan dibentuk dan bagaimana indikator pembangunan menjadi acuan oleh negara-negara sedang membangun atau sudah maju berkomitmen dalam konstribusinya menjadi bagian dari kontribusi positif terhadap dunia. Konsep Sustainable development sendiri di rumusan pada awal tahun 80, walaupun dalam sejarahnya arahan serta cikal bakal tentang pembangunan berkelajutan telah menjadi diskurs bagi para ilmuan jauh sebelum tahun tersebut.

Perempuan & teknologi ramah lingkungan

Pertanyaan selanjutnya agenda apa saja yang menjadi pembicaraan dan menjadi mandat dari SGs ini. Agenda Pertama adalah Mengakhiri semua bentuk kemiskinan didunia. Sebuah statement yang sejak Sis O berdiri sampai sa’at ini akan terus menadi ruh dari gerakan Sis O, dimana teknologi diharapkan bisa memabntu Sis O mewujudkannya. Sa’at ini mungkin banyak yang tidak begitu percaya dengan semangat yang dibawa oleh Sis O, bukan karena Sis O tidak layak, tapi melihat dari level gerakannya yang dilakukan oleh Sis O. Yaitu dari komunitas pinggiran bergerak ketengah untuk memberikan dampak pada pemutus siklus kemiskinan mulai dari perempuan kepala rumah tangga. Sis O menyadari kekuatan dari konsep Taxi Motor Khusus perempuan dan anak yang sa’at ini masih stagnant dan belum populer dikalangan pengguna taxi Motor yang masih suka menggunakan layanan Taxi Motor yang bersifat umum, dan dari sisi penyedia serta teknolgi dengan didukung oleh ekosistem pendanaan yang kuat dari investor dengan tujuan menumbuhkan nilai dari startup tersebut. Berangkat dari distruptif atau model bisnis yang memberikan gangguan pada bisnis konvesional, Sister Ojek bisa memberikan klaim pada bisnis model taxi motor sa’at ini telah menjadi kuno dan tidak lagi relevan dengan semangat global.

Memutus siklus kemiskinan

Sister Ojek sebagai sebuah bisinis model bekesempatan memutus siklus kemiskinan yang bukan saja berdampak pada pertumbuhan ekonomi tetapi juga berdampak pada peran perempuan atau relevan dengan tujuan Kelima tentang kesetaraan Gender. Apa artinya kesetaraan gender bagi sister Ojek, Kesetaraan Gender adalah hak yang sama bagi perempuan mendapatkan akses untuk tidak kelaparan ” Agenda Kedua”, Hak untuk mendapatkan kehidupan yang sehat dan Sejahtera “Agenda KeTiga” serta para perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga mampu menghidupi keluarga mereka dengan memberikan pendidikan yang berkualitas.

pembeda sister ojek

Apa yang menjadi pembeda Sister Ojek dengan model bisnis pemberdayaan perempuan yang lain? Yaitu Kekuatan terletak pada pondasi dasar yang mengatakan bahwa model bisnis Sister Ojek tidak berorientasi “charitative” (Sumbangan) tapi lebih pada kemampuan memandirikan diri sehingga ada kebanggan yang tumbuh bagi para perempuan kepala rumah tangga selain Sister Ojek adalah wadah bagi para perempuan menunjuian solidaritas nilai keperempuan yang secara naluriah terhubung dan saling menguatkan. Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaiana Sister Ojek mewujudkannya, tentu jawabannya pada teknolgi motor yang akan digunakan pada masa datang. Teknolgi yang berpihak pada energi terbarukan dan bisa membalik kontribusi karbon yang secara teknis sa’at ini masih mendapat dukungan dari sistem ekonomi konvesional dengan menggunakan bahan bakar premium atau bahan bakar fosil.

Dari kelima agenda, Sister Ojek juga berencana menambah kontribusi pada “Agenda keEnam” dengan bekerjasama bersama penyedia kendaraan yang menyediakan teknologi bersih dan terjangkau sehingga Perubahan Iklim sebagai mandat dan “Agenda keTujuh Belas” Juga terdorong untuk segera diwujudkan. Sebuah Jalan panjang? Mungkin itu terlintas pada pikiran pembaca. Penulis bisa katakan, ini perjalanan pendek dan satu-persatu mulai terwujud.

Sister ojek untuk masa depan Indonesia yang lebih baik

Bagimana mungkin, tentu mungkin! Pada awal tahun ini dengan Sister Ojek menjadi bagian dari penerima Anugrah Astra International dalam ajang Startup Challenge. Merupakan jawaban dari bagaimana bisnis model ini akan bergerak lebih cepat dengan dukungan Astra International. Untuk memberikan jaminan pada generasi yang akan datang tentang dunia yang lebih baik serta lebih layak untuk dihidupi. Tim Sister Ojek percaya bahwa langkah menjadi bagian dari mitra binaan atau anak angat dari sebuah perusahaan Indonesia akan memberikan dampak signifikan pada pertumbuhan Sister Ojek dan bisnis sosial di Indonesia. Dari Refleksi yang pendek ini, penulis ingin mengatakan bahwa, treknologi motor listrik adalah jawaban bagi perbaikan pendapatan bagi perempuan kepala rumah tangga. Tidak hanya berpihak pada Tujuh agenda SDGs yang relevant dengan Sister Ojek tapi juga bertambah pada sebuah agenda yang ditunggu-tunggu yaitu kemitraan menacapai Tujuan (Agenda ketujuh belas). Sister Ojek mengundang Startup motor listrik untuk bersinergi memasui pasar Indonesia, dengan memberikan layanan pada perempuan dan anak.

Ciputat, 06-02,2017

Baca Juga: Ibu Perempuan Kepala Rumah Tangga

Sumber Foto: Sister-Ojek.com

Leave a Comment